Tuesday, February 10, 2009

Healthy Foods for Healthy Life

Bit

Bit merupakan salah satu sumber terbaik untuk mendapatkan folat, nutirisi yang berperan menurunkan kadar homocysteine, asam amino penyebab peradangan yang diproduksi oleh tubuh. Satu cangkir bit hanya mengandung 60 kalori, tanpa lemak, menyediakan sekitar 40 % dari kebutuhan asam folat harian serta mengandung 4 gr serat.

Jika suka, nikmatilah potongan bit mentah, atau siapkan menjadi salad lezat dengan cara dicampur dengan olive oil dan siraman lemon.

Daun dan batangnya juga kaya akan nutrisi. Dapatkan makanan lezat dan sehat dengan cara menumisnya dicampur bawang putih, olive oil, garam sehat, dan lada hitam.

Kubis

Kubis bagus untuk kesehatan. Satu cangkir kubis yang telah dipotong-potong mengandung 20 kalori, 2 gr serat dan kaya akan sulforaphane, zat kimia anti kanker yang terbukti menurunkan kerusakan sel di seluruh tubuh. Jadi, tidak ada salahnya menambahkan kubis ke salad Anda.

Jambu biji

Satu cangkir jambu biji mengandung 110 kalori, 376 mg vitamin C (itu lebih 300% dari kebutuhan sehari-hari), 699 mg potasium dan 9 gr serat. Jambu biji juga mengandung lycopene dengan kadar yang sehat buat jantung. Lycopene merupakan antioksidan yang berfungsi memerangi kanker prostat (orang-orang selalu berpikir kalau tomat merupakan satu-satunya sumber lycopene).

Swiss chard

Swiss chard merupakan sayuran menyerupai bayam dan masih sejenis dengan bit. Sayuran ini mengandung lutein dan zeaxanthin, pasangan antioksidan, yang ditemukan dengan konsentrasi tinggi dalam jaringan macula. Karena antioksidan ini menyerap 40-90% intensitas cahaya biru, maka nutrisi ini berperan seperti sunscreen bagi mata Anda.

Studi menunjukkan, mengkonsumsi makanan yang kaya akan lutein dan zeaxanthin dapat meningkatkan kepadatan pigmen di macula. Semakin tinggi kepadatan pigmen berarti perlindungan retina semakin baik, dan risiko kerusakan macula semakin rendah. Satu cangkir swiss chard yang telah dimasak hanya mengandung 35 kalori.

No comments: