Friday, September 11, 2009

Mengenal Osteoporosis.

Pengobatan Ustadz Galih Gumelar - Osteoporosis merupakan penyakit penurunan kekuatan tulang karena tulang mengalami pengeroposan. Kondisi ini menjadikan tulang lebih mudah patah, artinya tulang bisa patah hanya dengan trauma ringan. Makanya tidak jarang ditemui penderita osteoporosis mengalami patah tulang karena kecelakaan ringan seperti terpeleset di kamar mandi, jatuh dari tempat tidur dan lain-lain.

Osteoporosis dan Monopouse

Kalsitonin merupakan hormon yang berperan penting dalam menjaga kadar kalsium dalam tulang agar tulang kuat dan padat, kinerja hormon kalsitonin ini di pengaruhi oleh hormon estrogen. Lha pada saat premonopouse dan monopouse terjadi penurunan hormon estrogen, makanya kinerja kalsitonin dalam menjaga kadar kalsium tulang menjadi kurang maksimal. Inilah alasan mengapa osteoporosis lebih banyak terjadi pada wanita yang mendekati masa monopouse dan yang tengah monopouse.

Gejala Osteoporosis

Gejala osteoporosis ? wah ini yang susah, masalahnya osteoporosis merupakan penyakit yang pendiam, tidak ada rasa sakit sama sekali pada penderita osteoporosis. Biasanya seseorang diketahui mengalami osteoporosis ketika sudah terjadi patah tulang karena pengeroposan dan perubahan postur tubuh karena tulang gak kuat menyangga tubuh *yang asalnya tegap jadi bungkuk*. Makanya pemeriksaan densitas tulang secara teratur dimulai pada masa premonopouse merupakan deteksi dini osteoporosis.

No comments: