Friday, September 11, 2009

Bagaimana Menerima Impotensi Sebagai Keadaan Diri Anda

Pengobatan Ustadz Galih Gumelar - Baiklah, pada akhirnya Anda sampai pada keadaan genting. Anda pun sudah bisa menerima bahwa diri Anda impoten, yang merupakan langkah cukup penting bagi Anda. Akan sulit untuk menerima kenyataan bahwa Anda menghadapi masalah, apalagi bila masalah itu adalah sesuatu sesentral seksualitas Anda. Namun Anda sudah memiliki keberanian untuk menerima bahwa Anda memang mengalami masalah dan untuk lebih mengetahuinya, Anda harus membaca artikel ini. Anda patut mendapat ucapan selamat karena punya keberanian diri untuk sampai hingga pada babak sejauh ini.

Anda bahkan mungkin sudah menemui dokter, yang menyodorkan Anda berbagai macam pertanyaan, memeriksa Anda, meminta Anda untuk menjalani sejumlah tes darah, dan biasanya akan turut campur ke dalam beberapa aspek kehidupan Anda yang begitu pribadinya hingga Anda segan membahas mengenai topik itu dengannya.

Anda mungkin sudah diberikan sebuah jawaban berkenaan dengan apa yang menyebabkan Anda jadi impoten. Anda mungkin akan menyadari bahwa impotensi ini disebabkan karena Anda menderita diabetes, atau Anda pun sudah tahu bahwa pembuluh darah Anda tidak berfungsi seefektif katup, atau Anda pun mungkin mengira impotensi ini disebabkan karena Anda sudah berusia 70 tahun dan ingin tetap memperoleh ereksi yang Anda dapatkan sama seperti yang Anda dapat setengah abad yang lalu.

Apa pun sebabnya, ada dua pengobatan utama yang tersedia untuk Anda. Anda bisa menerima keadaan penis Anda seperti apa adanya, atau Anda bisa berbuat sesuatu mengenainya.

Bila Anda berniat untuk melakukan sesuatu mengenainya, sejumlah pilihan pengobatan terbuka bagi Anda. Dokter Anda akan menuntun Anda untuk mengambil pengobatan apa yang paling sesuai dengan masalah yang Anda hadapi, dan pengobatan mana lagi yang paling mungkin dilakukan. Namun pada dasarnya, semua pengobatan ini termasuk dalam tiga kelompok besar: injeksi, implantasi, dan operasi korektif. Coba lihat Bagian 8,9, dan 10 untuk keterangan lebih terperinci mengenai berbagai pilihan pengobatan ini.

MENCOBA MENERIMA KEADAAN
Menerima kenyataan bahwa Anda menderita impotensi bisa menjadi sesuatu yang mudah dilakukan bagi sebagian orang, namun bisa jadi sukar bagi beberapa orang.

Stereotip pria Australia yang macho, doyan minum-minum, suka berolahraga, dan gila seks. Namun, betulkah ini yang dinamakan sosok sejati seorang pria?

Dalam masyarakat Australia, untuk menjadi seorang pria sama saja Anda harus melakukan beberapa hal tertentu. Anda harus minum bir. Anda harus suka olahraga football dan cricket. Anda harus selalu siap untuk menikmati seks kapan pun Anda bisa. Dan seks itu sendiri, yah ... berarti hubungan badaniah.

Hal ini memberikan tekanan yang luar biasa besar kepada para pria Australia, bahwa mereka harus mengikuti sosok mitikal dari pria yang doyan minum, suka olahraga, dan gila seks. Namun masalahnya di sini adalah, tidak setiap orang suka hal-hal tersebut. Tidak semua orang doyan menenggak bir. Tidak semua orang suka berolahraga. Dan tidak semua orang ingin melakukan hubungan seks selama 24 jam sehari.

Namun bila Anda bisa menerima bahwa Anda memang impoten, dan Anda tidak menginginkan seks, maka banyak dari masalah yang diasosiasikan dengan impotensi ini akan sirna.

Bila Anda tidak mau mempercayai image gila seks tersebut, dan gambaran pria macho yang ada di tengah kultur, maka Anda pun Šmasih bisa jadi "pria" meski Anda tidak menjalani hubungan seksual. Anda tidak merasa malu bahwa Anda "bukanlah seorang pria." Anda tidak merasa gentar bahwa semua orang akan mengetahui rahasia Anda ini dan Anda pun tidak membenci diri Anda sendiri karena Anda tidak sesuai dengan citra seorang pria seharusnya.

Hal ini memang tidak selalu kedengaran mudah untuk dilakukan. Bagi banyak pria, hal ini bukanlah sesuatu yang gampang mereka lakukan. Buku-buku populer yang ditulis oleh pengarang macam Harold Robbins dan Jackie Collins mengemukakan bahwa seorang pria sejati bukanlah sekedar mesin seks yang luar biasa. Seperti apa yang digambarkan film-film Hollywood. Memang tidak mudah untuk dijalankan sesuatu yang berlawanan dengan apa yang selama ini Anda ketahui selama hidup Anda.

Namun hal ini bisa dilakukan. Apalagi kalau Anda bisa mencatat sederetan bantuan konseling profesional.

CARA LAIN UNTUK BERHUBUNGAN SEKS
Masalah besar lainnya yang dihadapi pria yang menderita impotensi adalah memikirkan tentang seks. Sebagian pria tumbuh dewasa untuk mempercayai bahwa seks berarti menyusupkan penis yang keras ke dalam vagina, asyik bergoyang ke sana ke mari, mencapai orgasme, dan menggulingkan badan, lalu pergi tidur.

Namun ada banyak cara untuk menikmati seks daripada sekedar hal yang tadi. Ada pertalian dan kehangatan fisik, seperti juga memberi dan menerima kenikmatan seksual.

Bila Anda memang impoten sepenuhnya, tidak mau menjalani pengobatan fisik, dan masih ingin memberi dan menerima kenikmatan seksual, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan.

Sebagai awalnya, janganlah pernah berhenti melakukan belaian dan sentuhan. Belaian adalah sesuatu yang hangat, perhatian, dan memberi perasaan nikmat tersendiri. Membelai tidak harus selalu menggiring orang untuk melakukan hubungan seks-namun menjadi suatu aktivitas yang tidak diakhiri dengan apa-apa.

Membelai dan menyentuh juga menunjukkan kepada pasangan Anda bahwa Anda masih mencintai dirinya dan tetap menganggapnya menarik. Perasaan pasangan Anda mengenai impotensi Anda adalah hal yang penting untuk dipertimbangkan, dan akan bijaklah kalau Anda turut mengikutsertakan dirinya dalam segala diskusi mengenai masalah ini.

Selanjutnya, ada banyak variasi seks yang biasanya dikenal dengan "foreplay", namun benar-benar merupakan bentuk legitimasi dari ekpresi seksual mereka sendiri. Banyak dari metode seksual ini yang mungkin sudah pernah Anda coba dan nikmati di kala Anda masih berusia lebih muda dan lebih suka berpetualang, sebelum Anda menetap pada rutinitas pemikiran bahwa hubungan seks adalah inti dari seks.

Misalnya, Anda bisa mencoba seks oral. Dalam aktivitas ini, Anda bisa dengan lembut menjilat klitoris istri Anda dan vaginanya, Anda bisa mencoba merangsangnya dengan tangan Anda. Atau Anda juga bisa mengikuti posisi kuno dalam berhubungan seks, tanpa memasukkan penis Anda ke dalam vaginanya, dan mengelus paha Anda ke pahanya. Dengan begini, Anda bisa membuat klitorisnya terangsang dan memberinya kenikmatan seperti yang bisa diberikan cara lainnya.

Dan tidak ada alasan, hanya karena penis Anda begitu loyo, Anda tidak bisa merasakan kenikmatan. Pasangan Anda bisa mengelus penis Anda, atau menjilatnya, atau mengelusnya lembut ke klitorisnya.

Bila ia menginginkan sensasi sesuatu yang keras di dalam dirinya, Anda bisa coba gunakan sebuah dildo atau vibrator. Bila Anda memutuskan untuk mencoba alat-alat ini secara bersamaan, kalian berdua bisa mengalami perasaan terangsang bersama, tanpa adanya ereksi yang Anda cari.

Tentu saja, meski semua bentuk ekspresi seksual ini tersedia, tidaklah selalu mudah untuk dijalankan. Anda mungkin akan mencoba untuk mengubah kebiasaan berpikir yang sudah berjalan selama bertahun-tahun lamanya. Dan ini tidak bisa terjadi begitu saja dalam semalam.

Akan lebih baik lagi kalau Anda punya waktu untuk hal yang satu ini, dan jangan pula mengharapkan mukjizat bisa langsung terjadi pada diri Anda. Bicarakanlah dengan pasangan Anda. Katakan kepadanya apa yang Anda suka dan tidak suka. Tanyakan kepadanya pertanyaan yang sama. Cobalah untuk memastikan bahwa kalian berdua merasa nyaman dengan apa yang kalian lakukan.

Penasehat seks profesional tersedia bila Anda menginginkan bantuan. Tanyakan dokter Anda atau carilah di bagian Pertolongan pada buku telepon Anda untuk memperoleh keterangan lebih terperinci.

PASANGAN ANDA
Bila Anda sudah menikah atau punya seorang pasangan tetap, jangan lupakan dirinya. Pasangan Anda jelas-jelas sudah mengetahui mengenai impotensi Anda, dan mungkin bertanya-tanya apa sesungguhnya yang terjadi. Apakah dengan begini berarti Anda sudah tidak menganggapnya menarik lagi? Apakah dengan begitu berarti Anda sudah bosan dengannya? Atau jangan-jangan Anda sedang punya skandal?

Pasangan Anda akan merasa butuh untuk diyakinkan bahwa tidak satu pun dari hal-hal di atas yang terjadi pada Anda (kita anggap saja misalnya tidak). Ia membutuhkan kejujuran dari Anda, Bila Anda memang masih menganggapnya menarik, katakanlah demikian. Bila Anda berbahagia bersamanya, dan memandangnya sebagai seorang wanita yang menarik, katakanlah kepadanya. Bila Anda seorang lelaki setia, nyatakanlah hal ini kepadanya.

Ajak ia untuk membicarakan hal ini. Apakah ia jadi cemas karena Anda impoten? Apakah ia rindu untuk melakukan hubungan seksual yang badaniah?

Anda akan lebih mudah menghadapi impotensi bila Anda melibatkan dirinya dengan penuh. Bila Anda menemui dokter, ajaklah ia untuk turut serta. Diskusikan mengenai pilihan pengobatan bagi Anda. Anda mungkin akan terkejut tatkala mengetahui apa yang ia inginkan.

Misalnya, Anda ingin menjalani implantasi karena Anda menganggap istri Anda menginginkan penis yang keras. Ia mungkin akan mengejutkan Anda dan mengatakan bahwa ia lebih memilih cara lain untuk mengekspresikan seks. Ingatlah, Anda tidak akan tahu hingga Anda bertanya.

No comments: