Tuesday, September 8, 2009

Tanda - Tanda / Gejala Diabetes (Penyakit Kencing Manis)

PengobatanUstadz Galih Gumelar - Tubuh mempunyai mekanisme yang sangat bagus untuk memberitahukan kita bila terjadi suatu kelainan. Sangatlah penting untuk mengetahui gejala diabetes melitus tipe 2 secara dini sebab semakin dini pengobatan dilakukan maka akan semakin bagus hasilnya dan semakin kecil kemungkinan terjadinya komplikasi. Berikut adalah beberapa tanda - tanda / gejala diabetes - kencing manis yang patut kita waspadai.

  • Kelelahan yang luar biasa
    Pasien akan merasakan tubuhnya lemas walaupun tidak melakukan aktifitas yang tidak terlalu berat. Jadi, bila anda selalu merasa lelah dan mengantuk meskipun sebelumnya anda tidak begadang, ada baiknya anda segera menemui dokter.
  • Penurunan berat badan secara drastis.
    Jika anda memakan makanan yang berlebihan maka tubuh anda akan semakin gemuk. Kelebihan lemak dalam tubuh akan menyebabkan resistensi tubuh terhadap insulin meningkat. Pada orang yang telah menderita diabetes, walaupun ia makan makanan secara berlebihan tubuhnya tidak menjadi gemuk dan malah mengurus hal ini disebabkan karena otot tidak mendapatkan cukup energi untuk tumbuh.
  • Gangguan penglihatan.
    Kadar gula yang tinggi dalam darah akan menarik cairan dalam sel keluar, hal ini akan menyebabkan sel menjadi keriput. Keadaan ini juga terjadi pada lensa mata, sehingga lensa menjadi rusak dan penderita akan mengalami gangguan penglihatan. Gangguan penglihatan ini akan membaik bila diabetes melitus berhasil ditangani dengan baik. Bila tidak tertangani, gangguan penglihatan ini akan dapat memburuk dan menyebabkan kebutaan.
  • Sering terinfeksi dan bila luka sulit sekali sembuh.
    Keadaan ini bisa terjadi karena kuman tumbuh subur akibat dari tingginya kadar gula dalam darah. Selain itu, jamur juga sangat menikmati tumbuh pada darah yang tinggi kadar glukosanya.

Demikianlah beberapa gejala utama yang anda perhatikan pada penyakit diabetes - kencing manis. Tanda - tanda lain yang dapat diamati antara lain:

  • Sering kencing. Biasanya sering terbangun malam hari untuk kencing.
  • Gatal - gatal berlebihan. Biasanya gatal ini terjadi pada sekita alat kelamin.
  • Mudah lapar dan haus diluar kebiasaan
  • Sering kesemutan baik pada kaki atau bagian lain
  • Nafsu sex menurun (ya iyalah …)
  • Mudah mengantuk. Ini pada dasarnya adalah bagian dari kelelahan yang luar biasa.
  • Untuk ibu yang sedang mengandung dapat diindikasikan dengan berat badan bayinya yang lebih dari 4 kg.
Jika anda memiliki keturunan diabetes dan anda menunjukkan gejala - gejala diatas walaupun ringan. Segera ambil tindakan dengan banyak melakukan exercise dan mengkonsumsi obatan alternatif herbal yang tidak memiliki efek samping.

No comments: