Saturday, August 1, 2009

Tips untuk Hati Sehat

Pengobatan ust. Galih Gumelar - Gaya hidup modern seringkali menjadi penyebab terganggunya fungsi hati dan limpa. Padahal, hati dan limpa berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara umum. Untuk menghindari hal tersebut, berikut beberapa tip yang bisa menjadi panduan Anda dalam memelihara fungsi hati dan limpa.

1. Hindari makanan yang bisa membuat Anda alergi

Makanan yang menimbulkan alergi akan menghasilkan racun dalam usus sehingga bisa memicu stres pada mekanisme detoksifikasi. Bakteri, virus, terlalu banyak alkohol dan minuman berkafein lainnya, merokok dan penggunaan obat-obatan yang berefek kuat pada hati, lambung dan bagian tubuh lainnya terbukti bisa menghasilkan racun. Selain itu, jangan lupa mengunyah makanan dengan baik. Proses ini akan membantu melepaskan enzim-enzim yang berfungsi membantu pencernaan.

2. Perbanyak konsumsi makanan yang banyak mengandung folat, flavonoid, magnesium, besi, sulfat, selenium dan vitamin B2, B3, B6, dan B12

Tidak hanya disebabkan oleh paparan zat-zat racun, proses keracunan dalam tubuh juga bisa dipicu oleh kurangnya nutrisi yang diperlukan hati dalam proses detoksifikasi. Perbanyak konsumsi salad, kedelai, jus segar,olive oil, kacang-kacangan, biji-bijian, dan yogurt. Perhatikan juga cara memasak, merebus merupakan cara cepat dan sehat memasak sayuran. Jangan lupa mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti beras merah, protein rendah lemak (kedelai, kacang polong, telur, ikan, ayam, serta sedikit daging merah) dan buah serta sayur dalam diet Anda.

3. Kurangi asupan stimulan

Kurangi asupan stimulan seperti teh, kopi, obat antidepresi, termasuk rokok dan alkohol.

4. Konsumsi makanan yang kaya antioksidan

Makanan kaya antioksidan seperti brokoli, kubis, kol bunga, taoge, serta produk kedelai berfungsi membantu proses detoksifikasi alami tubuh. Selain itu, nutrisi seperti vitamin C, E, B, seng dan magnesium juga berfungsi menguatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Hindari antibiotik dan zat anti asam (antacid) jika tidak perlu

Antibiotik bisa merusak bakteri baik dalam usus yang sebenarnya berfungsi untuk mengeluarkan racun. Antacidjuga bisa menurunkan keasaman alami yang sangat penting dalam proses pencernaan.


No comments: