Monday, August 4, 2008

Jengger Ayam, Kudis, Kutu Kelamin


Ada kutil yang tumbuh bergerombol di sekitar kulit atau selaput lendir kemaluan bisa juga di sekitar liang dubur pada pria maupun wanita. Juga ditularkan lewat hubungan seksual. Bila sudah hebat menyerupai jengger ayam. Obatnya tersendiri pula.
Kutu kudis yang berada di sekitar kemaluan, bisa ditularkan juga lewat hubungan seksual. Kutu kudis yang bersarang di dalam kulit (yang tipis) dapat berpindah. Demikian pula halnya dengan kutu kemaluan. Obat untuk kutu kudis berbeda pula.
Selain kutu kepala, kita juga mengenal kutu yang hidup di bulu kemaluan. Di sana kutu bersarang. Seperti jamur kulit pada kemaluan (selaput lendir kemaluan), jamur yang tumbuh di selangkangan juga bisa berpindah pada pasangan seks. Kontak dengan kulit atau selaput lendir yang berjamur, yang akan menularkan penyakit jamurnya.
Kita tahu penyakit jamur bukan hanya jamur penyebabnya. Keputihan dapat disebabkan oleh kuman juga, selain oleh parasit Karena penyebabnya tidak hanya satu jenis, bila pemberian obat tidak tepat, keputihannya tidak bakal sembuh.
Keputihan yang disebabkan oleh kuman hanya menyembuh bila diberikan obat antibiotika. Jika penyebabnya parasit Trichomonas vaginalis dan ini yang tersering hanya sembuh dengan obat antiparasitnya.
Demikian pula jika jamur penyebabnya. Kita tahu jamur pada kemaluan paling sering jamur Candida albicans penyebabnya.
Jamur candida bisa tumbuh di mana-mana bagian tubuh. Mungkin di usus selain di kulit dan selaput lendir. Menyukai kulit yang lembab dan tipis. Tumbuh pada bagian kulit yang luput dikeringkan. Kulit di sela-sela jemari selangkangan, lipatan lutut, lipatan payudara.
Yang mengidap keputihan jamur biasanya tumbuh juga penyakit jamur di bagian tubuh lainnya. Bila menggaruk bagian kulit atau selaput lendir yang berjamur, jari yang menggaruk dapat memindahkan jamur ke kulit di bagian tubuh lainnya. Mungkin ke kulit wajah, kulit perut, kulit mana saja.
Keputihan jamur gatalnya luar biasa. Saking gatalnya akibat garukan yang sangat hebat bisa sampai menimbulkan luka lecet. Luka lecet akibat garukan menyisakan infeksi yang juga harus diobati selain keputihannya sendiri.
Mungkin sudah terbentuk bisul, peradangan, dan kondisi yang memburuk pada bibir kemaluan.
Kemungkinan Chlamydia
Betulkah penyakitnya aneh? Yang menjadi masalah di kalangan lelaki hidung belang sekarang ini lebih pada persoalan tertular oleh kuman chlamydia dibanding kencing nanah atau sifilis seperti pada beberapa dasawarsa lalu.
Chlamydia tergolong kuman yang ditularkan lewat hubungan seksual dari wanita penghibur. Penyakit ini masih bermasalah di AS Banyak yang sukar sembuh dan angka jangkitannya meningkat.
Yang terjangkit chlamydia memang tidak akan seburuk bila terkena herpes kelamin yang tidak bisa (bandel) sembuh dan sering kambuh. Namun bila lengah sewaktu mengidapnya, laju menularkan kepada pasangan (istri atau suami), masalahnya jadi runyam.
Hampir mirip dengan kencing nanah, pada chlamydia keluhannya juga ada lendir yang keluar dari liang kemaluan. Lendir biasanya lebih bening, tidak kental, dan bisa menetes juga. Rasa tidak enak sewaktu kencing. Sering-sering susah disembuhkan, dan penyakit lalu jadi berkepanjangan.
Kalau penyakit yang bandel untuk sembuh sudah menulari pasangan, entah itu istri atau suami, dan tidak ada penjelasan apapun, tidak pula ada upaya untuk menyembuhkannya, istri atau suami masih menyimpan rahasia, suatu hari bisa bermasalah. Hanya keterbukaan yang akan menyelesaikan keaiban milik salah satu pihak ini.